Pengertian Blogger Logos

Secara konsep kata Blogger Logos merupakan sebuah ide yang saya dapatkan pada malam tanggal 28 April 2021. Awal munculnya yakni sebagai seorang penulis di blog, saya punya banyak blog yang memiliki tema yang berhubung dengan dunia saya sebagai seorang dosen di STT dan Universitas Kristen seperti membuat bahan ajar online untuk setiap mata kuliah yang saya asuh. Selain itu di bidang umum, saya memiliki blog dengan tema Bisnis Online, blog Rubrik Adsense, blog Rubrik Tiket, blog Reward Cost Per Action (bisnis CPA), blog jasa membuat blog pendidik, blog Online Shopping (BOS), dll. 

Saya juga memiliki blog Homilia yang memposting homilia yang saya lagukan di beberapa ekklesia yang beraliran Calvinis, Lutheran dan Injili bahkan aliran pentakosta serta kharismatik. Namun bagi saya, kehadiran blog-blog tersebut belum membuat saya puas. Saya terus berjuang untuk membuat blog. Itulah sebabnya malam tanggal 28 April 2021 di saat saya mengikuti sebuah webinar yang diadakan dalam 14 pertemuan. Saya kemudian mendapat ide membuat blog dengan tema "Blogger Logos". Dalam tema atau nice ini, saya ingin menjadi hamba logos melalui tulisan di blog dengan tema "Blogger Logos". Saya sebenarnya merencanakan untuk memilih alamat blog dengan kata blogger logos namun sudah ada yang menggunakan sehingga alamat blog itu tidak tersedia. Walaupun begitu saya tetap memikirkan alamat blog yang tepat, paling tidak ada hubungan dengan niche blog ini. Maka saya mencoba lagi dengan nama alamat blog yaitu "Induk Logos" ternyata belum ada yang menggunakannya sehingga tersedia untuk saya pergunakan. Maka alamat blog ini menjadi: "blogger induk logi"sehingga lengkapnya alamat blog ini dengan url: https://bloggerinduklogi.blogspot.com/

Apa itu Induk Logi atau Logos?

Kita bisa menemukan dalam Yoh. 1:1 dan 14. Jadi rujukannya pada Firman TUHAN (Alkitab sebagai firman tertulis). Saya harus menjadihamba firman-Nya dalam arti menulis tentang firman-Nya sebagai seorang blogger. Saya memang memiliki latar belakang pendidikan dalam dunia teologi dan Pendidikan Kristen. Dengan demikian saya menulis artikel tentang logos dalam perspektif teologi dan pendidikan sebagai latar belakang keilmuan saya.

Induk logos yang saya sebut di atas dalam Yohanes 1:14 disebut dengan "... Firman yang menjadi manusia ... "

Firman itu pada mulanya adalah Allah atau lebih tepatnya TUHAN Allahnya Musa yang dikenal dengan YHWH (Yahweh). TUAH itu menyatakan mujiad-Nya kepada bangsa Israel melalui kepemimpinan Musa (Nabi Musa). TUHAN inilah yang menjadi manusia dan dinamakan Yesus Kristus. Oleh karena Firman adalah Allah maka Yesus adalah TUHAN. Pengakuan ini hanya bisa dilakukan oleh siapa saja jika ia dipimpin Roh Kudus, mereka yang tidak dipimpin Roh Kudus tidak akan menyebut atau percaya Yesus itu TUHAN. Hanya mereka yang dipimpin Roh Kuduslah yang akan percaya Yesus adalah TUHAN. Untuk keyakinan inilah maka saya mengabdi sebagai blogger logos. Sebagai blogger logos saya menamakan diri saya Pelayan Firman Allah (PFA). Firman itu sebagaimana yang ada dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Sebagai blogger logos, saya menjadi bagian dari apa yang diajarkan salah satu Reformator Gereja yaitu John Calvin. Kita ini cocok disebut Pelayan Firman Allah. Kita percaya TUHAN karena firman-Nya. Kita tidak pernah bertemu TUHAN secara langsung seperti yang terjadi pada Musa dan para murid Yesus dan perjumpaan Paulus dengan Yesus yang mengubah hidup rasul Paulus menjadi orang yang setia memberitakan Yesus sampai pada akhir hidupnya. Oleh karena kita tidak pernah bertemu TUHAN secara langsung melainkan melalui firman-Nya yang tertulis maka kita disebut "Pelayan Firman Allah" atau Pelayan sang Induk Logos" 

Kehadiran blog ini tidak bermisi untuk Kristenisasi. Tidak ada gunanya Kristenisasi karena setiap yang percaya Yesus Kristus mesti digerakkan oleh Roh Kudus. Gerakan Roh Kudus inilah yang membuat orang percaya kepada Yesus Kristus, bahkan mereka yang menghina Yesus Kristus pun bila ada dalam predestinasi-Nya maka suatu saat orang yang menghina Yesus itu akan bertobat dan percaya kepada Yesus. Bila orang yang menghina Yesus itu tidak bertobat maka berlaku firman dalam Yohanes 3:16 yang isinya sbb:

 "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini , sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." (Yoh. 3:16)  

Sampai disini dapat menolong pembaca untuk memahami tentang tujuan dibuatnya blog dengan tema "Blogger Logos."


Salam

Yonas Muanley




0 komentar